Apakah Penyebab Penyakit Trigger finger (Jari Tangan Membengkok)

Trigger finger adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan kaku dalam posisi yang sama. Penyakit ini terutama mempengaruhi lapisan jaringan di sekitar jari tangan yang disebut tendon. Tendon adalah jaringan serat yang tebal yang berhubungan dengan otot kerangka. Peradangan tendon menyebabkan tendon tidak bisa bergerak leluasa sehingga jari tangan terkunci dalam satu tempat.

Orang pada semua usia bisa mengalami trigger finger tapi biasanya penyakit ini mempengaruhi orang berumur di atas 45 tahun serta lebih banyak wanita daripada pria. Penyakit ini konon merupakan risiko profesi dokter gigi, penjahit, dan pengrajin kulit.

Trigger finger muncul ketika lapisan tendon jari tangan mengalami iritasi dan meradang. Tendon adalah pita serat yang menghubungkan otot dan tulang. Setiap tendon dikelilingi oleh lapisan pelindung yang mempengaruhi pergerakan tendon yang normal. Selain itu, merangsang lapisan akan menciptakan jaringan parut pada tendon dan lapisan akan menebal, serta menyebabkan fibrosis yang membuat pergerakan tendon menjadi lebih sulit.