Hati-Hati Dengan 6 Jenis Makanan ini Karena Bisa Jadi Penyebab Batu Ginjal

Selamat Pagi untuk rekan semua, Baiklah dalam kesempatan ini saya akan membahas beberapa makanan yang termasuk dalam kategori penyebab penyakit Batu Ginjal.
Ginjal memiliki peran penting untuk menyaring dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.
Setiap hari, dua organ yang berada di kedua sisi tulang belakang ini berpungsi menyaring lebih dari sekitar 100 liter darah dan 2 liter produk limbah - sebelum itu keluar dari tubuh dalam bentuk urine.
Namun, bayak makanan tertentu dapat menyebabkan batu ginjal yang nantinya dapat menurunkan fungsi ginjal.
Berikut ini ada enam jenis makanan yang mendorong pembentukan batu ginjal di tubuh, seperti dilansir activebeat.com.

1. Kafein
Konsumsi kafein yang sangat berlebihan juga dapat mengarahkan pada pengembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang begitu tinggi dalam urine.
Hal tersebut juga dapat memicu gagal ginjal karena ada stimulan yang memang dapat membuat organ kelelahan. Kafein tersebut bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda.

2. Pemanis buatan
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan non-kalori dapat merusak fungsi-fungsi ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Jadi, yang terbaik adalah memilih dan memakai pemanis alami seperti madu dan gula tebu.

3. Daging
Protein hewani juga dapat mendorong adanya pembentukan batu ginjal dan juga dapat menjadi penyebab kerusakan ginjal. Konsumsi makanan tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada ginjal karena limbah protein itu sulit untuk dibuang. Perlu diketahui bahwa daging juga dapat beresiko tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginja tersebutl.

4. Sarden

Jika Anda semua rentan terhadap penyakit yang namanya batu ginjal, Anda harus bisa membatasi asupan tinggi purin atau senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma. Dan karena sarden tinggi purin, sebaiknya anda batasi  untuk mengkonsumsinya.

5. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi yang sering terdapat pada soda, minuman energi, dan jus kemasan lainnya akan meningkatkan risiko tinggi terhadap batu ginjal dan bahkan dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit ginjal. (sebaiknya jangan sering diminum)

6. Produk susu
Produk susu yang tinggi  akan kalsium sangat baik untuk membangun tulang yang kuat. Namun, bagi mereka yang  memang rentan terhadap batu ginjal, kalsium tersebut bukanlah teman. bahkan, kalsium tersebut dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.

Itulah enam jenis Makanan dan Minuman yang memang dapat memicu pembentukan batu ginjal.
Sebaiknya saran Saya sebagai penulis batasi konsumsi keenam makanan tersebut.
Semoga tulisan ini bermanfaat.